Penulis Utama : Danny Adam Kurniawan
NIM / NIP : D0211023
×

ABSTRAK

Pilkada langsung serentak merupakan cara pemilihan kepala daerah secara langsung yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Para pemilih untuk dapat menentukan pilihan Kepala Daerah memerlukan sumber informasi, baik laki-laki atau perempuan.  Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat penting untuk berpartisipasi politik dalam Pilkada serentak.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan sumber informasi dalam pemilihan calon kepala daerah pilkada serentak dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015. (2) hubungan antara jenis kelamin dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FISIP UNS dan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik estimated parameter. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji t-test.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan antara sumber informasi dalam pemilihan calon kepala daerah pilkada serentak terhadap partisipasi politik mahasiswa FISIP UNS.  (2) tidak ada hubungan jenis kelamin dengan partisipasi politik mahasiswa FISIP UNS.


Kata kunci: Partisipasi Politik, sumber informasi, jenis kelamin.

 

×
Penulis Utama : Danny Adam Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211023
Tahun : 2017
Judul : Pencarian Informasi dan Partisipasi Politik(Hubungan Sumber Informasi Tentang Pilkada Serentak 2015 dan Jenis Kelamin dengan Partisipasi Politik Di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2014 dan 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0211023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. H. Pawito. Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.