Penulis Utama : Della Inggadewi Ermadi
NIM / NIP : D0212030
×

ABSTRAK


Jejaring sosial Linkedin merupakan jejaring sosial yang berguna untuk media mencari informasi tentang karir, lowongan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori uses and gratification Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara motivasi dan kepuasan menggunakan jejaring sosial Linkedin, hubungan antara motivasi (motivasi kognitif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek kognitif) menggunakan Linkedin sebagai media informasi mengenai lowongan pekerjaan, serta hubungan antara motivasi (motivasi afektif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek afektif) menggunakan Linkedin sebagai media untuk menonjolkan identitas personal oleh para fresh graduate S1 UNS periode wisuda Maret dan Juni 2016. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para fresh graduate UNS S1 periode wisuda Maret dan Juni
2016 yang merupakan pengguna Linkedin sebanyak 358 orang. besar sampel yang akan diteliti adalah 78 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah pemilihan sampel distratifikasi. Pengumpulan data memalui kuesioner, dan analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Uji signifikansi menggunakan uji t dengan membandingkan harga thitung  dengan harga ttabel  dengan dk=76 taraf signifikansi 5%, diperoleh harga ttabel = 1,991. Terdapat beberapa kesimpulan dalam penelitian ini. Pertama, adanya hubungan yang signifikan antara motivasi menggunakan Linkedin dengan kepuasan menggunakan Linkedin dengan angka sebesar 8,617. Kedua, terdapat hubungan yang signikan antara motivasi (motivasi kognitif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek kognitif) menggunakan Linkedin sebagai media informasi lowongan pekerjaan dengan angka sebesar 8,030. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (motivasi afektif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek afektif) menggunakan Linkedin sebagai media untuk menonjolkan identitas personal dengan angka sebesar 8,303.


Kata kunci: Studi korelasi, uses and gratification, motivasi menggunakan Linkedin, kepuasan menggunakan Linkedin

 

×
Penulis Utama : Della Inggadewi Ermadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212030
Tahun : 2017
Judul : Motivasi Dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial (Studi Korelasi antara Motivasi Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Linkedin oleh Para Fresh Graduate Strata 1 UNS Periode Wisuda Maret dan Juni 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ch. Heny Dwi Surwati, S. Sos., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.