Penulis Utama : Diah Harni Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212032
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Mahasiswa Muslim UNS terhadap Jilbab dan Cadar di Media Alternatif Mojok.Co (Studi Deksriptif Kualitatif Persepsi Kelompok Aktivis Organisasi Islam dan non Aktivis Organisasi Islam (UNS) terhadap Artikel tentang Jilbab dan Cadar di Media Alternatif Mojok.co)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212032-2016
Subyek : PERSEPSI, JILBAB, CADAR, MEDIA ALTERNATIF, ORGANISASI ISLAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK  
Mojok.co, adalah salah satu media alternatif di Indonesia yang menyajikan banyak artikel dengan berbagai tema, di mana beberapa di antaranya membahas mengenai jilbab dan cadar. Yang menarik dari media alternatif ini adalah, banyaknya pembaca yang menganggap tulisan-tulisan di dalam Mojok.co adalah artikel yang kontroversial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa kelompok aktivis oganisasi Islam dan non aktivis organisasi Islam di UNS terhadap artikel bertema jilbab dan cadar di Mojok.co

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Di mana teori yang digunakan adalah teori persepsi dan teori perbedaan individu De Fleur. Dalam penelitian ini, terdapat tujuh informan yang diklasifikasikan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok informan yang mengikuti organisasi Islam dan yang tidak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara.

Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan teknik triangulasi data. Di mana peneliti membandingkan hasil wawancara dari satu informan dengan informan lainnya.

Dari analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan penerimaan pesan dari kedua kelompok informan, di mana kelompok informan aktivis organisasi Islam bahwa pesan-pesan yang ada di dalam artikel bertema jilbab dan cadar membawa pesan yang baik karena ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa perempuan muslim yang berjilbab dan bercadar bisa menekuni hobi dan passion tanpa terhalang jilbab dan cadar yang mereka kenakan. Sebaliknya, kelompok non aktivis organisasi Islam menganggap sebaiknya perempuan berjilbab dan bercadar tidak melakukan hal-hal di luar koridor mereka sebagai perempuan muslim.

Adanya perbedaan penerimaan pesan dari kedua kelompok informan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu faktor latar belakang budaya, pengalaman, dan nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing kelompok informan. Kata kunci: persepsi, jilbab, cadar, media alternatif, organisasi Islam

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, S.U
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP