Penulis Utama : Diaz Ageng Wibowo
NIM / NIP : D0210029
×


ABSTRAK
    Budaya seni tato di era modern ini berkembang begitu pesat dan mulai menjadi bagian dari budaya pop, tato diperkenalkan sebagai sebuah seni budaya baru yang muncul dan berkembang. Sekarang ini tidak hanya  remaja laki-laki saja yang suka dengan budaya yang satu ini, tetapi juga remaja perempuan mulai banyak yang menggemari dan menggunakan tato saat ini, karena tato sendiri sudah dianggap sebagai dari fashion yang bisa menambah nilai dari penampilan seseorang.
    Dalam penelitian kali ini, peneliti ingin mengetahui apa saja makna yang terkandung dalam gambar tato yang digunakan oleh informan pengguna tato khususnya perempuan pengguna tato di kota Solo.    Penelitian ini menggunakan teknik semiotika dan juga dokumentasi melalui gambar atau literatur buku, karena penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Awalnya dokumentasi dari literatur buku dilakukan untuk mendapatkan teori-teori yang ada dalam seni tato, lalu melakukan wawancara pada informan pengguna tato untuk mendapatkan informasi mengenai makna apa saja yang terkandung dalam gambar tato yang digunakan oleh pengguna tato khususnya perempuan di Kota Solo.    
     Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan, dilihat dari representasi visual tato, umumnya wanita menggunakan tato bunga, tato burung dan tato tulisan nama. Namun tak jarang pula ada yang menggunakan tato mahkota, salib, tengkorak, dan wajah wanita. Warna yang digunakan tidak dominan pada satu warna saja, namun menggunakan warna yang kompleks untuk memperindah tato. Setiap gambar tato memiliki makna yang berbeda, secara keseluruhan tato tersebut memiliki makna seperti kecantikan dan kefeminiman, artinya tato tersebut untuk menunjukan bahwa pengguna tato merasa dirinya cantik dan memiliki sisi feminimitas sebagai seorang perempuan. Sisi kebebasan juga banyak nampak pada gambar pengguna tato, artinya mereka memegang suatu kebebasan dalam hidup untuk mengikuti apa yang mereka inginkan, karena hidup hanya sekali. Mereka bebas memilih bertato atau tidak dan tentunya mereka juga bebas memilih jalan hidup mereka sendiri. Makna cinta juga tersirat pada gambar tato yang menunjukkan bahwa pengguna tato memiliki rasa cinta dalam hidupnya dan mengarah pada keluarga, anak, teman atau bahkan pada dirinya sendiri.
Kata kunci : Tato, Semiotika, Perempuan

 

×
Penulis Utama : Diaz Ageng Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210029
Tahun : 2017
Judul : Tato dalam Tatanan Budaya Pop (Studi Semiotika Tentang Makna Tato Sebagai Bentuk Budaya Pop di Kalangan Perempuan di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0210029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mursito BM.,SU.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.