Penulis Utama : Margaretha Happy Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212066
Tahun : 2017
Judul : Pola Komunikasi, Identitas Kelompok dan Groupthink (Studi Kasus Pola Komunikasi dalam Pembentukan Identitas Kelompok dan Groupthink Di kalangan Taruna Akademi Kepolisian Semarang Korps Daerah Jogja-Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0212066-2017
Subyek : KOMUNIKAI KELOMPOK, POLA KOMUNIKASI, KOHESIVITAS, GROUPTHINK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Di Indonesia banyak sekali sekolah dengan sebutan Akademi, di mana siswanya bernama Taruna atau Taruni. Sekolah akademi mengedepankan pendidikan dengan kedisiplinan yang tinggi bagi siswanya. Banyak aturan yang harus dipatuhi taruna maupun taruni.  Begitu pula dengan Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang. Taruna – taruni AKPOL berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Kemudian, masing-masing daerah akan membentuk Korps atau kelompok yang lebih kecil lagi, yaitu Korps daerah. Di dalam sebuah kelompok daerah biasanya memiliki kohesivitas yang tinggi. Salah satu Korps daerah di AKPOL adalah Korps daerah Joglo (Jogja-Solo). Menurut Irving L. Janis, kelompok yang memiliki kohesivitas yang tinggi akan mengalami groupthink.

Menurut teori diatas, peneliti membuat penelitian deskriptif kualitatif ini, dengan tujuan untuk mencari tahu tentang fenomena groupthink di korps Joglo. Peneliti menggunakan metode studi kasus untuk menganalisa dengan wawancara mendalam, karena dengan melakukan wawancara data primer bisa diperoleh.

Hasil temuan dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kohesivitas tinggi dalam Korps Joglo menyebabkan kelompok tersebut mengalami gejala groupthink berupa loyalitas yang tinggi, adanya superioritas kelompok, stereotip terhadap kelompok luar, dan adanya sensor diri dalam pengambilan keputusan Korps Joglo

Kata Kunci : Komunikai Kelompok, Pola Komunikasi, Kohesivitas, Groupthink

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP