Penulis Utama : Katrin Tomasila
NIM / NIP : K7113119
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung operasi perkalian dan pembagian menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas V SDN Mojosongo 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksaanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Mojosongo 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan menghitung operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas V SD Negeri Mojosongo 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari kondisi awal sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 39,39%. Setelah penerapan model pembelajaran RME pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 62,5% dan pada siklus II menjadi 90,62%.
Kata kunci: Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian, Kemampuan, Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

 

×
Penulis Utama : Katrin Tomasila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113119
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Operasi Perkalian Dan Pembagian Dalam Pembelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Mojosongo 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113119-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yulianti, M. Pd.,
2. Drs. Kartono, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.