Penulis Utama : Noorma Luthfiana Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212076
Tahun : 2017
Judul : Proses Komunikasi dalam Sosialisasi Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (Toga)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0212076-2017
Subyek : PEMANFAATAN TOGA, SOSIALISASI, PROSES KOMUNIKASI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Modernisasi serta inovasi dalam sektor kesehatan terus menerus dikembangkan. Meski pun pembaruan terus dilakukan, perkembangan pelayanan kesehatan tradisional tidak dapat dikesampingkan, salah satunya melalui pemanfaatan TOGA. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 9
Tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Keterampilan, asuhan mandiri kesehatan tradisional adalah upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah  dan  mengatasi  gangguan  kesehatan  ringan  oleh  individu  dalam keluarga, kelompok, atau masyarakat dengan memanfaatkan TOGA dan keterampilan. Salah satu kabupaten yang menerapkan kegiatan TOGA yaitu Kabupaten Karanganyar, khususnya Desa Ngunut di Kecamatan Jumantono.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses  komunikasi dalam sosialisasi pemanfaatan TOGA oleh Tim Penggerak PKK desa Ngunut selaku penggerak dan komunikator kepada masyarakat sebagai komunikan. Sosialisasi ini dilaksanakan sejak tahun 2013 dan masih akan terus berjalan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam atau indepth interview dan telaah dokumen. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis menggunakan metode triangulasi.
Hasil  penelitian  ini  adalah  proses  komunikasi  yang  terjadi  selama sosialisasi pemanfaatan TOGA di Desa Ngunut telah berjalan secara efektif menggunakan formulasi Lasswell dengan fokus penelitian pada lima unsur komunikasi, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, serta efek apa yang ditimbulkan.

Kata Kunci: Pemanfaatan TOGA, Sosialisasi, Proses Komunikasi.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hemawati, S.Sos, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP