Penulis Utama : Renissa Ardine
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212089
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan YouTube dan Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Penggunaan YouTube pada Channel Dara Nitya terhadap Tingkat Pemenuhan Kebutuhan Informasi akan Tutorial Make Up di Kalangan Subscribers Channel YouTube Dara Nitya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0212089-2016
Subyek : PENGGUNAAN YOUTUBE, PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI, TEORI USES AND GRATIFICATION.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan YouTube dan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi dengan menggunakan pendekatan  Uses  and  Gratification.  YouTube  merupakan  sebuah  situs  web berbagi video terbesar yang didirikan pada Februari 2005. Pengguna YouTube dapat mengunggah, melihat, dan berbagi video. Dalam penelitian ini, pengguna YouTube dianggap  sebagai pihak  yang  aktif dengan  menentukan  media  yang mampu memenuhi kebutuhannya.

Teori yang sesuai dengan penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification, dimana pada teori ini dijelaskan bahwa khalayak dianggap aktif dalam memilih media untuk memenuhi kebutuhannya. Metode yang digunakan dalam  penelitiam  ini  adalah  metode  survei  dengan  menggunakan  kuesioner sebagai alat untuk memperoleh data. Populasi dalam penelitian ini adalah subscribers  channel   Dara  Nitya,   untuk   menentukan  jumlah  sampel  maka digunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Tata Jenjang Spearman untuk menentukan hubungan antara variabel independen dengan dependen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for Windows.

Berdasarkan  hasil  analisis  data  yang  telah  dilakukan,  dapat  diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan YouTube dengan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi yang  memiliki angka korelasi sebesar
0,833 dengan taraf signifikansi 0,05 dan kebutuhan akan teknologi yang  juga memiliki hubungan dengan pemenuhan kebutuhan informasi dengan angka korelasi sebesar 0,341. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan YouTube pada  channel  Dara  Nitya  mampu  memenuhi  kebutuhan  informasi  mengenai tutorial make up di kalangan subscribers channel Dara Nitya.


Kata Kunci : Penggunaan YouTube, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori
Uses and Gratification.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto S.U
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP