Penulis Utama : Rosika Herwin Puspitasari
NIM / NIP : S841508024
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Latar belakang pengarang dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan berdasarkan teori sosiologi sastra. 2) Kehidupan perempuan pribumi pada masa penjajahan Belanda-Jepang. 3) Tanggapan pembaca pada karya sastra yang terdapat dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. 4) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. 5) Relevansi novel Cantik Itu Luka  karya Eka Kurniawan  dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi sebagai upaya pembentukan karakter mahasiswa.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan dengan tebal halaman 479 penerbit Gramedia.  Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka. Data penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra berupa data verbal, yaitu data yang diperoleh dari paparan bahasa pernyataan tokoh yang berupa dialog dan monolog serta narasi yang terdapat dalam Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan. Pengujian keabsahan data digunakan ketekunan peneliti, triangulasi, dan wawancara secara mendalam.
Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa; 1) Dari segi penceritaan, novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan menarik dikaji secara sosiologis, 2) Sepengetahuan penulis, novel Cantik itu Luka  karya Eka Kurniawan belum pernah diteliti dengan pendekatan sosiologis, 3) Novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan mengungkapkan kehidupan sosial yang menarik untuk dikaji yaitu permasalahan kehidupan sosial yang terkandung dalam novel Cantik itu Luka, 4) Terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan salah satu acuan pembelajaran pada mahasiswa, 5) Terdapat relevansi yang sesuai dengan pembelajaran sastra pada mahasiswa.

 

×
Penulis Utama : Rosika Herwin Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508024
Tahun : 2017
Judul : Kajian Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Pada Mahasiswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.