Penulis Utama : Khilyatun Ulin Nur
NIM / NIP : K4313041
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas X pada pembelajaran biologi melalui penerapan Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian tiap siklus terdiri dari planning, acting, observing, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa dengan keterampilan komunikasi ilmiah yang rendah. Data penelitian berupa data keterlaksanaan sintak PBL dan keercapaian keterampilan komunikasi ilmiah. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura pada pembelajaran biologi mengalami peningkatan melalui penerapan PBL. Enam aspek dalam keterampilan komunikasi ilmiah  yang  meliputi  information  retrieval,  scientific  reading,  listening  and
observing, scientific writing, information representation, dan knowledge presentation mengalami peningkatan sebagai dampak positif dari penerapan tiap sintak PBL.

 

×
Penulis Utama : Khilyatun Ulin Nur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313041
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Problem Based Learning
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K4313041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari, S. Si., M. Si.,
2. Suwarno, S. Pd., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.