Penulis Utama : Ahmad Ramadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851508005
Tahun : 2017
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dan Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Ditinjau Dari Reading Comprehension Siswa SMK Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017 Se-Kotamadya Banjarmasin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Matematika-S851508005-2017
Subyek : PROBLEM BASED LEARNING
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa yang dikenakan model pembelajaran LC7E, PBL, atau langsung, (2) manakah yang mempunyai pretasi belajar lebih baik, siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang. atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang. atau rendah, dan (4) pada masing-masing kategori reading comprehension, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran pembelajaran LC7E, PBL, atau langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kotamadya Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  299  siswa,  yang diambil  secara  sratified cluster  random  sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika  dan  reading  comprehension.  Pengujian  hipotesis  menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Jika dalam pengujian hipotesis, ada hipotesis yang ditolak maka dilanjutkan dengan uji komparasi ganda. Uji Komparasi ganda menggunakan uji Scheffe’.
Hasil  pengujian  hipotesis  memberikan  kesimpulan:  (1)  siswa  yang dikenai model pembelajaran LC7E mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa dikenai model pembelajaran PBL dan langsung. Siswa dikenai  model pembelajaran PBL mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan reading comprehension tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan   reading comprehension  sedang  maupun rendah.  Siswa  dengan  reading  comprehension sedang mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan siswa dengan reading comprehension rendah, (3) pada model pembelajaran LC7E, PBL dan langsung, siswa dengan reading comprehension tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan reading comprehension sedang maupun rendah sedangkan siswa dengan reading comprehension sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik jika dibandingkan siswa dengan reading comprehension rendah, (4) pada siswa dengan reading comprehension tinggi, sedang dan rendah, prestasi  belajar siswa  yang  dikenakan  model  pembelajaran  LC7E  mempunyai prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang dikenakan model   pembelajaran   PBL   dan   langsung.   Siswa   yang   dikenakan   model pembelajaran PBL mempunyai prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
Bab III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Dr. Dewi Retno Sari S., M.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana