Penulis Utama : Alif Khoirul Mustaqim
NIM / NIP : K4612014
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  lempar cakram siswa menggunakan cakram kayu pada siswa kelas XI IPS 3 SMA NEGERI 2 Surakarta tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 22 siswa putri. Sumber data berasal dari peneliti, kolaborator dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan Tes dan observasi. Validitas data dalam menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi.
Pembelajaran menggunakan cakram kayu dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data hasil observasi kondisi awal, siklus I dan siklus II, tiap indikator capaian dengan KKM 65 terjadi peningkatan sebagai berikut. Pada kondisi awal hasil belajar lempar cakram pada kategori Cukup sebesar 21,87%, Kurang sebesar 56,25%, Kurang Sekali sebesar 21,88%, jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa. Pada siklus I hasil belajar lempar cakram pada kategori Baik sebesar 0%, Cukup sebesar 53,00%, Kurang sebesar 47,00% dan kurang Sekali sebesar 0%,  jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar lempar cakram pada kategori Baik sebesar 18,00%, Cukup sebesar 66,00% dan Kurang sebesar 16,00%, jumlah siswa yang tuntas adalah 27 siswa.
Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II setelah diberikan tindakan dengan menggunakan cakram kayu. Hasil pembelajaran lempar cakram meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar lempar cakram meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas.
    Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan cakram kayu dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Hasil Belajar Lempar Cakram, Siswa Kelas XI IPS 3, Cakram Kayu, Modifikasi Alat Pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Alif Khoirul Mustaqim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612014
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lempar Cakram menggunakan Cakram Kayu pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi - K4612014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.