Penulis Utama : Devi Prahesti
NIM / NIP : K1213016
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Jenis kesalahan berbahasa yang terjadi pada surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron Sukoharjo. (2) Jenis kesalahan berbahasa yang dominan terjadi pada surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron Sukoharjo. (3) Faktor apa yang memengaruhi terjadinya kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron Sukoharjo. (4) Relevansi hasil analisis kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron Sukoharjo sebagai bahan ajar menulis surat dinas di Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari 27 surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron Kabupaten dan hasil wawancara mendalam. Teknik sampling yang digunakan, yaitu purposive sampling. Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan berbahasa pada surat dinas di Kantor Kepala Desa Juron. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi teori. Adapun analisis data menggunakan model analisis mengalir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan kesalahan berbahasa pada tataran morfologi, sintaksis, semantik, dan ejaan. Kesalahan yang sering terjadi, yaitu kesalahan penggunaan ejaan. Kesalahan penulisan surat dinas terjadi karena Sekretaris dan Kaur kurang memerhatikan tata cara penulisan surat yang baik dan benar. Hasil penelitian ini relevan dan dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia menulis surat dinas pada kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Simpulan penelitian ini adalah setiap orang wajib mengetahui tata tulis yang baik dan benar, sehingga dalam melakukan kegiatan menulis tidak mengakibatkan terjadinya kesalahan.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan berbahasa, surat dinas, bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia

 

×
Penulis Utama : Devi Prahesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213016
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kesalahan Berbahasa pada Surat Dinas di Kantor Kepala Desa Juron Kabupaten Sukoharjo 2016 dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia- K1213016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M. Pd.
2. Budi Waluyo, S.S. M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.