Penulis Utama : Galih Pranata
NIM / NIP : K4412027
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ; (1) menjelaskan pemahaman guru mengenai implementasi nilai – nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA MTA Surakarta ; (2) menjelaskan tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah yang menginternalisasikan nilai – nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an; (3) menjelaskan kendala yang dialami guru dan solusi yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan nilai – nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an pada pembelajaran sejarah; (4) menjelaskan tentang persepsi siswa terhadap implementasi nilai – nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an pada pembelajaran sejarah oleh guru.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Strategi dalam penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang. Data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memilih guru sejarah dan peserta didik sebagai informan. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi, yakni trianggulasi  sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pemahaman guru mengenai nilai – nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an meliputi dalil mengenai persatuan dan kesatuan dalam Qs. Al-Hujurat ayat 13, cinta tanah air dan bangsa dalam Qs. Saba’ ayat 15, keadilan sosial dalam Qs. An-Nahl ayat 90, demokrasi dan kedaulatan rakyat dalam Qs. Asyuura ayat 38, serta jihad membela agama dan bangsa dalam Qs. At-Taubah ayat 40. (2) Implementasi nilai – nilai kebangsaan di dalam kelas dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi, sedangkan dalam kehidupan sehari – hari, guru membimbing peserta didik untuk hidup saling toleran dan menghormati sesama serta mampu melestarikan lingkungannya: (3) Kendala yang dialami guru adalah peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, solusinya adalah dengan mengadakan permainan di sela- sela pelajaran untuk mengatasi kejenuhan; (4) Persepsi mengenai implementasi nilai – nilai kebangsaan menurut peserta didik bahwa guru di kelas mengajarkan nilai kebangsaan dalam Al-Qur’an melalui pembelajaran sejarah menggunakan penyampaian dalil – dalil Al-Qur’an, Hadits Nabi, dan kisah – kisah perjuangan tokoh – tokoh Islam yang dapat di ambil hikmahnya untuk kehidupan sehari – hari.

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Nilai Kebangsaan, Al-Qur’an, SMA MTA Surakarta  

 

×
Penulis Utama : Galih Pranata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412027
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Nilai – Nilai Kebangsaan Dalam Al-Qur’an Pada Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Sejarah- K4412027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yunianto, M. Hum.,
2. Isawati, S. Pd., M.A,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.