Penulis Utama : Niken Indah Kusumaning Ayu
NIM / NIP : K8113056
×

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen untuk menguji pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta.
Desain yang digunakan adalah nonequivalent design  dengan sampel sejumlah 13 anak pada kelompok kontrol dan 13 anak pada kelompok ekperimen. Teknik mengumpulan data melalui tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi (content validity).Teknik mengumpulan data melalui tes unjuk kerja untuk mengukur kemampuan membaca permulaan anak. Uji normalitas dan uji homegenitas menggunakan Kolmogorov smirnov dan anova. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikasi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS  16 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran scramble memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta.

Kata Kunci : scramble, kemampuan membaca permulaan, pendidikan anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Niken Indah Kusumaning Ayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113056
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini- K8113056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.