Penulis Utama : Qois Nurrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113066
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk Fauna pada Anak Kelompok B Tk Pertiwi 3 Purwosuman Sragen.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini- K8113066-2017
Subyek : KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK FAUNA , METODE DEMONSTRASI, ANAK USIA DINI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk fauna melalui  penerapan metode demonstrasi pada anak kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang  dilaksanakan dalam dua siklus.  Setiap siklus  terdiri  dari  empat  tahap,  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi  dan refleksi.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen yang berjumlah 23 anak.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.V aliditas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk.Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.   Analisis   data   kuantitatif   menggunakan   teknik   statistik   deskriptif komparatif untuk  membandingkan  hasil antar  siklus dan  menggunakan  model analisis interaktif model Miles and Hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menggambar bentuk fauna pada setiap siklus. Ketuntasan kemampuan menggambar bentuk fauna pada pratindakan sejumlah 7 anak atau 30,43%. Pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 14 anak atau 60,86%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan menjadi 19 anak atau 82,61%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan anak  mampu  menggambar bentuk fauna sesuai gagasannya dari simbol angka dan huruf, anak mampu meniru dan membuat bentuk gambar dengan tepat mendekati objek nyata, anak mampu menggambar bentuk bagian- bagian fauna secara detail dengan menggunakan media warna.


Kata kunci: kemampuan menggambar bentuk fauna , metode demonstrasi, anak usia dini.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.,
2. Dra. Sularmi, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP