Penulis Utama : Satrio Bagus Budi Laksono
NIM / NIP : K4213066
×

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menjelaskan (1) Keterkaitan antar ide yang terdapat dalam Serat Wulangreh pupuh Pangkur karya Sunan Paku Buwana IV, (2) Aktivitas yang terdapat dalam Serat Wulangreh pupuh Pangkur karya Sunan  Paku  Buwana  IV,  (3)  Nilai-nilai  pendidikan  karakter  dalam  Serat Wulangreh pupuh Pangkur karya Sunan Paku Buwana IV, (4) Relevansi Serat Wulangreh pupuh Pangkur karya Sunan Paku Buwana IV dengan materi pembelajaran sastra di SMP.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan antropologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah content analysis dan wawancara mendalam. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Tahap analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitain ini adalah: (1) keterkaitan antar ide yang terdapat dalam Serat Wulangreh pupuh Pangkur yang meliputi ide tentang hakikat hidup manusia, ide tentang hakikat  kedudukan  manusia dalam  ruang dan  waktu,  dan  ide  tentang hakikat hubungan antar manusia dengan sesamanya; (2) aktivitas yang terdapat dalam Serat Wulangreh pupuh Pangkur yang meliputi aktivitas yang berhubungan dengan kekerabatan; (3) terdapat 7 nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, cinta damai dan peduli sosial.
Selanjutnya, hasil analisis akan digunakan sebagai referensi materi ajar dalam pembelajaran tembang macapat di SMP. Relevansi dalam pembelajaran teks Serat Wulangreh pupuh Pangkur di SMP tersebut mengacu pada Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk SMP/MTs. Kompetensi Dasar (KD) pembelajaran yaitu Menelaah teks Serat Piwulang Wulangreh pupuh Pangkur dan Menanggapi isi Serat Piwulang Wulangreh pupuh Pangkur.

Kata Kunci: Serat Wulangreh pupuh Pangkur, Kerterkaitan ide, aktivitas, Nilai pendidikan karakter, Materi Pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Satrio Bagus Budi Laksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213066
Tahun : 2018
Judul : Serat Wulangreh: Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Karakter Serta Relevansinya sebagai Materi Ajar di Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa- K1213066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat, S.S., M.A.,
2. Dra. Raheni Suhita, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.