Penulis Utama : Wahyu Setiawan
NIM / NIP : K5612080
×


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit.
Penelitian ini  menggunakan  metode  quasi  eksperimen  dengan  rancangan pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini seluruh siswa putra ekstrakurikuler  pencak  silat  SMA  Negeri  2  Purbalingga  tahun  2016  yang berjumlah 20 siswa merupakan subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Kecepatan Tendangan Sabit). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh  latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan thitung  yang diperoleh = 7.965, > ttabel =   2.262. (2) Latihan berbeban (kelompok eksperimen) lebih baik pengaruhnya dari pada latihan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan persentase peningkatan kelompok eksperimen (latihan berbeban) sebesar 8,354% lebih besar dari pada kelompok kontrol (latihan non berbeban) sebesar 4,315%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh  latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan thitung  yang diperoleh = 7.965, > ttabel =   2.262. (2) Latihan berbeban (kelompok eksperimen) lebih baik pengaruhnya dari pada latihan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan persentase peningkatan kelompok eksperimen (latihan berbeban) sebesar 8,354% lebih besar dari pada kelompok kontrol (latihan non berbeban) sebesar 4,315%.

Kata kunci: Kemampuan tendangan sabit, Latihan teknik, Latihan berbeban.

 

×
Penulis Utama : Wahyu Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612080
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Latihan Berbeban terhadap Peningkatan Kemampuan Tendangan Sabit pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Pencak Silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5612080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.,
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd., M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.