Penulis Utama : Yaya Noviasari
NIM / NIP : K4213075
×

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Panalangsa karya Any Widajati. (2) Mendeskripsikan konflik batin tokoh yang terdapat dalam novel Panalangsa karya Any Widajati. (3) Mendeskripsikan nilai- nilai  pendidikan  budi  pekerti  yang  terkandung  dalam  novel  Panalangsa  karya  Any Widajati. (4) Mendeskripsikan relevansi novel Panalangsa karya Any Widajati sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra Jawa di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra, adapun metodenya adalah deskriptif  kualitatif dengan analisis isi (content analysis). Sumber data berupa dokumen dan informan. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data yag digunakan berupa teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, kegiatan reduksi data (pengelompokkan), penyajian data, penarikan simpulan. Novel yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Panalangsa karya Any Widajati. Terbit pada tahun 1966.
Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Panalangsa karya Any Widajati yaitu penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa,  amanat,  dan  tema.  Dari  beberapa  unsur  tersebut  saling  berhubungan  dan membentuk satu kesatuan cerita yang utuh. (2) Mengetahui konflik batin tokoh daam novel Panalangsa karya Any Widajati. Tokoh di dalam novel  Panalangsa  memiliki kondisi kejiwaan yang berbeda-beda, sehingga mengalami konflik batin yang berbeda-beda. (3) Mengetahui nilai pendidikan budi pekerti yang ada di dalam novel Panalangsa karya Any Widajati antara lain  nilai religiusitas, nilai sosialitas, nilai gender, nilai keadilan, nilai demokrasi, nilai kejujuran, nilai kemandirian, nilai daya juang, nilai tanggung jawab, nilai penghargaan terhadap lingkungan. Selanjutnya hasil analisis akan digunakan sebagai referensi materi pembelajaran pada mata pelajaran apresiasi sastra Jawa di SMA kelas XI. Relevansi dalam pembelajaran teks novel sesuai dengan silabus untuk SMA/SMK/MA. Sehingga novel ini cocok untuk digunakan sebagai materi pembelajaran sastra Jawa di SMA kelas XI.

Kata kunci: novel Jawa, psikologi sastra, pendidikan budi pekerti.

 

×
Penulis Utama : Yaya Noviasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213075
Tahun : 2017
Judul : Analisis Konflik Batin Tokoh dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Novel Panalangsa Karya Any Widajati serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra Jawa di SMA (Analisis Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa - K4213075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Favorita Kurwidaria,S.S., M.Hum
2. Dr. Rr. E. Nugraheni E. W., S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.