Penulis Utama : Safira Hanif Purnama
NIM / NIP : C0912021
×

ABSTRAK


Safira Hanif Purnama. C0912021. 2016. Tanaman Indigofera Tinctoria Sebagai Inspirasi Perancangan Batik Untuk Pakaian Eksklusif Wanita. Tugas Akhir: Jurusan Kriya Seni/Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah Indonesia memiliki kekayaan hayati yang melimpah. Hal ini membuat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan produk yang ramah lingkungan.Salah satu tradisi yang kembali dihidupkan   adalah penggunaan pewarna alam indigo pada batik. Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan produk  busana  siap  pakai  yang  ramah  lingkungan  dengan  mengeksplorasi tanaman Indigofera tinctoria sebagai motif   dan pewarna dengan teknik batik tulis.  Diharapkan hasil dari perancangan ini menjadi salah satu alternatif produk yang memiliki konsep ramah lingkungan sebagai upaya kepedulian terhadap lingkungan serta sebagai salah satu bentuk pelestarian tradisi pewarna alam indigo pada batik.

Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi.

Hasil perancangan Tugas Akhir ini menghasilkan enam desain batik yang mengekslorasi bentuk visual dari tanaman Indigofera tinctoria sebagai motif . Teknik yang digunakan adalah teknik batik tulis dengan zat warna alami indigo. Material bahan menggunakan  kain organik yang terbuatdari serat kayu putih yaitu Tencel yang memiliki sifat antibacterial, nyaman, dan memiliki daya serap tinggi.

 

Kata Kunci : Batik Tulis dan Indigo.

 

×
Penulis Utama : Safira Hanif Purnama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0912021
Tahun : 2017
Judul : Tanaman Indigofera Tinctoria sebagai Inspirasi Perancangan Batik Tulis untuk Pakaian Eksklusif Wanita
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Seni Rupa dan Desain, Prog. Studi Kriya Tekstil- C0912021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn.
2. Dra. Theresia Widiastuti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.