Penulis Utama : Vitasari
NIM / NIP : C0912028
×

ABSTRAK

 

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah eksplorasi eco printing dengan menggunakan material tanaman yang tersedia sangat berlimpah dan mudah untuk dibudidayakan di Indonesia yaitu tanaman pepaya untuk diaplikasikan pada produk fesyen wanita. Diharapkan hasil perancangan ini pada masa mendatang eco printing dapat semakin berkembang hingga ditemukan potensi-potensi baru yang memiliki dapak positif bagi kelestarian lingkungan dan alam.

Metode  yang dipakai  yaitu  metode desain dengan melewati tiga tahap yakni, metode perancangan, konsep dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap analisis permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, uji coba, dan menentukan gagasan awal perancangan. Konsep meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualisasikan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan sepuluh desain pakaian wanita dengan tema nature botanical of Indonesia. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah eco printing. Teknik pewarnaan pada background menggunakan zat pewarna alam. Bahan menggunakan kain tencel, karena berasal dari serat organik yaitu serat Eucalyptus yang memiliki sifat menyerap warna yang sangat baik sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan alam dan dapat mendukung konsep eco fashion yang ramah terhadap lingkungan.

 

Kata Kunci : Fast Fashion, Slow Fashion, Eco Printing, Fesyen Wanita, Ramah
Lingkungan

 

×
Penulis Utama : Vitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0912028
Tahun : 2017
Judul : Eksplorasi Eco Printing untuk Fesyen Wanita
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Seni Rupa dan Desain, Prog. Studi Kriya Tekstil- C0912028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S.Sn. M.A.
2. Sujadi Rahmat Hidayat, S.Sn. M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.