Penulis Utama : Bara Adithya
NIM / NIP : S981302002
×

Abstrak

Latar Belakang: Anestesi spinal dengan Lidokain memiliki lama kerja yang pendek. Penambahan midazolam pada lidokain dapat memperpanjang durasi blockade spinal anestesi baik itu blockade sensorik dan motorik.
Tujuan: Menganalisis perbandingan efek penambahan midazolam dan epinefrin terhadap lidokain terhadap mula kerja dan lama kerja blokade sensorik dan motorik pada anestesi spinal serta efek terhadap hemodinamik.
Metode: Penelitian menggunakan Double Blind Randomized Control Trial pada 30 pasien ASA 1 dan 2 yang menjalani operasi abdomen bagian bawah dan ekstremitas bawah dengan spinal anestesi. Penelitian dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok pertama yaitu kelompok control Lidokain (Lidokain 75 mg hiperbarik+Nacl 0,9% 0,2 mL), kelompok kedua yaitu kelompok Lidokain+Midazolam (Lidokain 75 mg hiperbarik+Midazolam  0,2  mg)  dan  kelompok  ketiga  yaitu  kelompok Lidokain+Epinefrin  (Lidokain  75  mg hiperbarik+Epinefrin  0,2  mg).  Data  dicatat meliputi mula kerja dan lama kerja blokade sensorik dan motorik. Blokade sensorik dinilai dengan “pin prick” test dan blokade motorik dinilai dengan “Bromage score”. Waktu mulai regresi sensorik dan mulai dibutuhkannya analgesi dicatat. Data hemodinamik dan kejadian yang terjadi selama operasi pada menit ke5,10, 15, 30, 45, 60, 90, 120,150, 180 dan 210 diawasi dan ditangani sesuai prosedur klinik serta di catat efek samping yang muncul pada saat durasi spinal anestesi
Hasil:  Mula  kerja  blokade  sensorik  dan  motorik  anestesi  spinal  pada  kelompok
Lidokain+Midazolam terbukti lebih cepat dibandingkan dengan Lidokain+Epinefrin (p
< 0>0,05).
Kesimpulan : Penambahan midazolam pada lidokain secara spinal anestesi memiliki mula kerja lebih cepat dan lama kerja lebih panjang dibandingkan dengan penambahan epinefrin tetapi gejolak hemodinamik serta efek samping yang muncul antar kelompok tidak berbeda bermakna.

Kata Kunci : Spinal anestesi, midazolam, epinefrin, intratekal, mula kerja dan lama kerja, blockade sensorik dan motorik

×
Penulis Utama : Bara Adithya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981302002
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Efek Penambahan Midazolam dengan Epinefrin terhadap Lidokain Hiperbarik pada Spinal Anestesi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Dokter Spesialis-S981302002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Dr. Purwoko, SpAn. KAKV. KAO.
2. Dr. Muh. Husni Thamrin SpAn. M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.