Penulis Utama : Yolandita Fatma Lafonda
NIM / NIP : D1414064
×

Abstrak

Salah satu stasiun televisi yang masih menyiarkan program-program mengedukasi dan ditujukan untuk anak-anak di antara berbagai program-program baru yang bermunculan adalah TRANS|7. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) di instansi tersebut. Selain itu, penulis melakukan kegiatan KKM dan menyelesaikan laporan ini dalam rangka untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md).

Media massa menurut menurut Morissan (2010:1) menjelaskan bahwa istilah media massa adalah alat komunikasi yang bekerja dalam berbagai skala, mulai dari  skala  terbatas  hingga  dapat  mencapai  dan  melibatkan  siapa  saja  di masyarakat, dengan skala yang sangat luas.
Selama menjalankan kegiatan KKM selama 2 bulan di program “Laptop Si Unyil” TRANS|7, penulis bertugas untuk menjadi seorang production assistant (PA). Disana penulis  mendapatkan banyak  wawasan  dan  pengalaman  baru di  dunia penyiaran professional, mengetahui dunia kerja yang sebenarnya, serta memahami peran dan tanggung jawab production assistant dalam proses produksi sebuah program acara televisi. Menurut Subroto (1994:20) televisi berkembang begitu cepat   sejalan   dengan   perkembangan   teknologi   elektronika,   telah   menjadi fenomena besar di abad ini, perannya amat besar dalam membentuk pola dan pendapat umum, termasuk pendapat untuk menyenangi produk-produk tertentu, demikian  pula  perannya  amat  besar  dalam  pembentukan  perilaku  dan  pola
berfikir. Sebenarnya televisi memiliki dampak negatif dan positif. Terjadinya dampak negatif atau positif tergantung bagaimana memanfaatkan media tersebut. Untuk anak-anak, peran orang tua sangat dibutuhkan terhadap adanya pengaruh positif maupun negatif terhadap anak-anak tersebut. Orang tua harus memperhatikan anak-anak dalam menonton tayangan televisi.

Kesimpulan yang penulis dapat setelah melakukan kegiatan KKM dan setelah menyusun laporan ini adalah bahwa seorang production assistant memiliki peran yang sangat penting dalam proses produksi suatu program acara televisi, seperti mengurus segala urusan teknis, administratif, dan teknis. Serta diharapkan semoga kedepannya pihak Universitas dapat mempermudah sistem administratif pengurusan surat-surat yang dibutuhkan mahasiswa dan dapat melengkapi sarana dan prasarana guna lancarnya perkuliahan mahasiswa baik dalam teori maupun praktek.

Kata Kunci : media massa, magang, trans|7, production assistant

×
Penulis Utama : Yolandita Fatma Lafonda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414064
Tahun : 2017
Judul : Peran Production Assistant dalam Program Laptop Si Unyil di Trans|7
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Joko Suranto, S.Sn, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.