Penulis Utama : Wiad Rosyana
NIM / NIP : S831502032
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Three- Tier MC dengan kriteria baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, analisis kualitas butir  soal,  dan  analisis  pengecoh  serta  mengembangkan  instrumen  penilaian Three-Tier MC menjadi instrumen penilaian yang dapat dijadikan sebagai alat ukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga.
Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian Three-Tier MC ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang terdiri dari melakukan penelitian dan pengumpulan informasi; membuat perencanaan; mengembangkan rancangan awal produk  (draft);  melakukan  uji  coba  lapangan  awal;  melakukan  revisi  produk utama; melakukan uji lapangan utama; melakukan revisi produk operasional; melakukan uji lapangan operasional;, dan melakukan revisi produk akhir. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sragen, SMAN 2 Sragen, dan SMAN 3 Sragen. Validasi dari instrumen penilaian Three-Tier MC ini menggunakan rumus Aiken dengan 8 validator. Teknik penskoran yang digunakan merupakan penskoran yang bersifat politomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian Three-Tier MC yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori yang baik ditinjau dari segi validitasnya yang lebih dari 0,75 dan dikatakan valid; reliabilitasnya termasuk dalam  sedang,  daya  pembedanya  tidak  ada  yang  bernilai  negatif   dengan persentase jelek 8,89%, cukup baik 20%, baik 24,44%, sangat baik 46,67%; soal yang memiliki tingkat kesukaran mudah dan sukar tidak mendominasi dengan persentase soal mudah 15,56%, sedang 73,33%, sukar 11,11%; dan semua pengecoh berfungsi dengan baik yang ditunjukkan tidak adanya nilai indeks pengecoh 0,000; serta instrumen penilaian Three-Tier MC yang telah dikembangkan pada materi larutan penyangga dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci : instrumen penilaian, Three-Tier MC, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga

×
Penulis Utama : Wiad Rosyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831502032
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Instrumen Penilaian Three-Tier Multiple Choice (Three-Tier MC) untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kimia Larutan Penyangga Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831502032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.