Penulis Utama : Yulia Dwisetyaningrum
NIM / NIP : S831308053
×

Abstrak

Modul pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik dan Kurikulum 2013 masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul Fisika SMA berbasis STS pada materi Elastisitas 2) mengukur kelayakan modul Fisika SMA berbasis STS, dan 3) meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan modul.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) mengacu pada Puslitjaknov (2008) yang memiliki lima tahapan yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Modul disusun berdasarkan komponen STS (Poedjiadi, 2005) yaitu inisiasi, pembentukan konsep, aplikasi konsep, pemantapan konsep, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, lembar wawancara, lembar validasi, soal tes hasil belajar, angket motivasi belajar, dan lembar observasi hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu: 1) analisis data angket analisis kebutuhan yang dideskripsikan, 2) analisis lembar validasi dengan menabulasi semua komponen data yang diperoleh kemudian melakukan analisis cut off score untuk mengetahui kelayakan modul, 3) analisis data peningkatan tes hasil belajar dihitung berdasarkan gain ternomalisasi dan lembar observasi berdasarkan skor setiap pertemuan 4) analisis skor angket dan lembar observasi motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah modul dikemas dalam tampilan yang menarik dan mudah digunakan, menyajikan materi secara utuh, bersifat saintifik, serta menyajikan materi yang adaptif dan visioner; 2) kelayakan modul dilihat dari penilaian ahli, guru, teman sejawat yang memiliki nilai rata-rata di atas nilai cut off score (89% > 88%) dan penilaian produk oleh siswa (84% > 83%) 3) Penggunaan modul Fisika SMA berbasis STS pada materi elastisitas dapat meningkatkan hasil belajar (n-gain kategori sedang) dan motivasi belajar siswa (n-gain kategori rendah) dan 79% siswa mencapai nilai KKM.

Kata Kunci : elastisitas, pengembangan modul, modul fisika, motivasi belajar, STS

×
Penulis Utama : Yulia Dwisetyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308053
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Fisika Sma Berbasis Science Technology Society pada Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831308053-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. sarwanto, S. Pd, M. Si.
2. Dr. Nonoh Siti Aminah, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.