Penulis Utama : Dhimas Nur Setyawan
NIM / NIP : S831408012
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakteristik modul fisika berbasis saintifik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar; 2) mendeskripsikan kelayakan modul fisika berbasis saintifik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar; 3) mengetahui efektivitas penggunaan modul fisika berbasis saintifik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi verbal siswa SMA.
Pengembangan modul fisika berbasis saintifik ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall yang dirangkum Tim Puslitjaknov. Materi yang digunakan dalam modul fisika berbasis saintifik adalah dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar yang ditujukan untuk siswa kelas XI IPA. Modul fisika berbasis saintifik dinilai oleh: tiga dosen ahli yang terdiri atas ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa; dua praktisi guru fisika SMA; dan dua teman sejawat.  Modul fisika berbasis saintifik yang dikembangkan, diuji coba terbatas dan direspon oleh 15 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang. Setelah dilakukan revisi, modul fisika berbasis saintifik diuji coba skala besar pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa: 1) modul fisika berbasis saintifik yang dikembangkan menggunakan materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar, menggunakan langkah pembelajaran saintifik, menyajikan paparan masalah, menanya, berhipotesis, mengukur, menganalisis, menyimpulkan, tugas bercerita mencari fenomena sesuai materi, soal latihan, dan soal evaluasi; 2) modul fisika berbasis saintifik yang dikembangkan telah layak digunakan dengan kategori kelayakan sangat baik/sangat layak ditinjau dari kelayakan materi, media, dan bahasa; 3) modul fisika berbasis saintifik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi verbal siswa SMA Negeri 4 Magelang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan N-gain score rata-rata 0,50 berkategori sedang pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol sebesar 0,46 berkategori sedang. Kemampuan komunikasi verbal pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,37 dengan kategori sedang.
 
Kata Kunci : modul, saintifik, berpikir kritis, komunikasi verbal, dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar

×
Penulis Utama : Dhimas Nur Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408012
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Verbal Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831408012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.
2. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.