Penulis Utama : Soni Nugroho Yuliono
NIM / NIP : S831408032
×

Abstrak

Ketersediaan bahan ajar untuk pembelajaran Fisika berbasis saintifik di sekolah yang terbatas menjadi salah satu kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi gelombang elektromagnetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan karakteristik modul pembelajaran Fisika berbasis Saintifik pada materi gelombang elektromagnetik untuk siswa kelas XII SMA, mendapatkan modul pembelajaran Fisika berbasis Saintifik pada materi gelombang elektromagnetik untuk siswa kelas XII SMA yang telah memenuhi kriteria kelayakan, mengetahui penggunaan modul pembelajaran Fisika berbasis Saintifik pada materi gelombang elektromagnetik yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA.
Penelitian pengembangan modul pembelajaran Fisika berbasis saintifik ini menggunakan prosedur pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Tahap pendefinisian terdiri dari proses analisis kebutuhan siswa dan guru, analisis materi, serta perumusan pembelajaran pada modul. Tahap perancangan modul pembelajaran Fisika sesuai dengan tahap pembelajaran saintifik yang diintegrasikan ke dalam modul. Tahap pengembangan terdiri dari proses pengembangan modul dari hasil perancangan, validasi kelayakan modul, revisi modul, uji coba terbatas, dan penggunaan modul pembelajaran Fisika berbasis saintifik di kelas XII IPA 1 SMA Batik 2 Surakarta. Tahap penyebaran merupakan proses penyebaran modul ke SMA/MA lain di Surakarta. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif berdasarkan skor kriteria dan analisis peningkatan motivasi belajar siswa melalui N-gain.
Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian ini, yaitu: 1) karakteristik khusus modul pembelajaran Fisika berbasis saintifik berupa modul cetak yang dikembangkan dengan memuat model pembelajaran berbasis saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ikon tertentu. Aspek motivasi yang dinilai yaitu perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan; 2) modul pembelajaran Fisika berbasis saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan pada aspek isi dan penyajian, bahasa, kegrafikan, dan aspek pembelajaran. Modul dinyatakan layak dari hasil validasi dengan persentase keidealan 85,16%, oleh siswa 83,66% dan respons guru dalam tahap penyebaran 85,93%, yang termasuk dalam kategori “sangat baik”; 3) modul pembelajaran Fisika berbasis saintifik dengan materi gelombang elektromagnetik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai gain 0,4 atau dalam kategori “sedang”.

Kata Kunci : modul Fisika, pembelajaran saintifik, motivasi belajar

×
Penulis Utama : Soni Nugroho Yuliono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408032
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik pada Materi Gelombang Elektromagnetik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831408032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, M.Si.
2. Prof. Drs. Cari, M.A. M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.