Penulis Utama : Ani Sunarni
NIM / NIP : K5613013
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli dengan penerapan ragam alat bantu pada siswa kelas X MIPA 1 SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017.
Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa 1 SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa 38 anak, yang terdiri dari 16 siswa dan 22 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya melalui tes praktik dan observasi lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data meliputi jenis data, teknik data dan teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan ragam alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli dari prasiklus ke seiklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan alat bantu pembelajaran dalam mempelajari teknik dasar bermain bolavoli,yaitu pasing atas, pasing bawah, dan servis atas. Sehingga keterampilan bermain bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar bermain bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang cukup signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 42,11%. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 65,79%. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 71,05%.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan ragam alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada siswa kelas X MIPA 1 SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Hasil belajar, bermain bolavoli, alat bantu pembelajaran

×
Penulis Utama : Ani Sunarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613013
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Ragam Alat Bantu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Bolavoli pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-Ani Sunarni-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.