Penulis Utama : Rindy Anthika Putri
NIM / NIP : S851502018
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah yang ditinjau dari jenis kelamin dan tingkat self- efficacy siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desain studi kasus dan menggunakan teknik purposive sampling  untuk  memilih  subjek  penelitian.  Subjek  penelitian  berjumlah  enam siswa yang terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan dengan tingkat self-efficacy yang berbeda. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner, tes tertulis, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil berpikir  kritis  siswa  laki-laki  dengan  self-efficacy  tinggi  yakni  siswa  dapat berpikir kritis dengan baik pada tahap pengenalan, analisis, dan tahap evaluasi. Namun dalam tahap alternatif, siswa tidak dapat menemukan cara-cara lain yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah masalah yang diberikan. (2) Profil berpikir kritis dari siswa perempuan dengan self-efficacy tinggi yaitu mampu berpikir kritis baik pada tahap pengenalan, analisis, dan tahap evaluasi tapi tidak dalam fase alternatif. (3) Profil berpikir kritis dari siswa laki-laki dengan self- efficacy sedang adalah siswa mampu berpikir kritis dengan cukup pada tahap pengenalan,  analisis,  dan evaluasi.  Selanjutnya,  pada tahap  pengenalan,  siswa mampu menemukan informasi dari soal tetapi tidak lengkap. Dalam analisis, para siswa tidak mampu membuat gambar matematis dengan benar dan detail, mampu menemukan solusi meskipun tidak sistematis serta siswa tidak mampu membuat simpulan dengan benar. Pada fase alternatif, siswa mampu menemukan alternatif cara yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah. (4) Profil berpikir kritis dari siswa perempuan dengan self-efficacy sedang adalah siswa mampu berpikir kritis dengan cukup pada tahap pengenalan, analisis, dan evaluasi. Selanjutnya, pada tahap pengenalan, siswa mampu menemukan informasi tetapi tidak lengkap. Dalam analisis, siswa tidak mampu membuat simpulan dengan benar. Pada fase alternatif, siswa tidak dapat menemukan cara lain yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah. (5) Profil berpikir kritis dari siswa laki-laki dengan self- efficacy rendah yakni siswa tidak mampu berpikir kritis hampir di setiap fase pemecahan masalah. Siswa mampu berpikir pada tahap pengenalan, namun pada tahap analisis, evaluasi, maupun alternatif penyelesaian siswa tidak mampu berpikir kritis dengan baik. (6) Profil berpikir kritis dari siswa perempuan dengan self-efficacy rendah yaitu siswa tidak mampu berpikir kritis di setiap fase pemecahan masalah yakni pada fase pengenalan, analisis, evaluasi, maupun alternatif penyelesaian, siswa tidak mampu melewati fase-fase tersebut dengan baik.  Yang  berarti  siswa  tidak  mampu  berpkir  kritis  di  tiap  fase  pemecahan masalah tersebut.

<!--[if !mso]> <style> v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} </style> <![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Rindy Anthika Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851502018
Tahun : 2017
Judul : Profil Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Self-Efficacy (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Matematika-S851502018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D
2. Dr. Riyadi, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.