Penulis Utama : Ika Arwijayanta
NIM / NIP : K5612038
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kayuloko Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan  dalam dua siklus, dengan  setiap  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi,  dan  refleksi. Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas V SD Negeri 1 Kayuloko Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah  teknis tes dan  observasi, pengambilan  data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan penerapan model pembelajaran kooperatif pada materi gerak dasar tolak peluru. Observasi dilakukan untuk  mengamati  perubahan  perilaku  siswa pada setiap  siklus.  Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran secara kelompok pada mata pelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kayuloko Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat diperoleh hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa atau 61,50%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mancapai 22 siswa atau 84,62?ri jumlah seluruh siswa yaitu 26 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 76,23 pada siklus I meningkat menjadi  83,34  pada  siklus  II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.

Kata Kunci : Gerak Dasar Tolak Peluru, Model Pembelajaran Kooperatif

×
Penulis Utama : Ika Arwijayanta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612038
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Tolak Peluru pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kayuloko Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5612038-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
2. dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.