Penulis Utama : Prista Prasiwi
NIM / NIP : E0013320
×

Abstrak

Penulisan hukum  ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta guna memenuhi hak dasar atas kesehatan. Selain itu, untuk mengetahui sejauh mana Peraturan perUndang- undangan terkait dengan pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS kesehatan telah memenuhi hak dasar atas kesehatan.  
Penelitian ini bersifat preskriptif dan terapan serta dalam penelitian hukum ini penulis menggunakan penelitian hukum  normatif. Sebagai sumber dalam penyusunan penulisan, penulis menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder serta bahan hukum tersier dengan teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan klarifikasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika deduksi yaitu dengan pengajuan premis mayor kemudian premis minor setelah itu baru ditarik kesimpulan dari kedua premis tersebut.
Berdasarkan bahan hukum yang sudah diperoleh dan dianalisis,. Pelayanan kesehatan pasien BPJS kesehatan di Rumah Sakit Moewardi secara umum telah memenuhi hak atas kesehatan dalam pelayanan Kesehatan. Namun, pemenuhan hak atas kesehatan dalam pelayanan kesehatan pada bagian farmasi belum dapat terpenuhi. Tidak terpenuhinya hak atas kesehatan dalam pelayanan kesehatan di bagian farmasi adalah kurangnya sumber daya manusia kefarmasian serta saranan dan prasanana dalam pelayanan kesehatan di bagian kefarmasian Peraturan perundang- undangan terkait dengan pelayanan kesehatan pasien BPJS kesehatan ini belum memenuhi hak dasar atas kesehatan karena belum mewujudkan suatu kepastian hukum dan sinkronisasi terhadap peraturan perundang- undangan yang ada.
RSUD Dr. Moewardi merupakan salah satu  rumah sakit besar di kota Surakarta seharusnya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dalam memenuhi hak atas kesehatan terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan. Serta pemerintah dalam membuat peraturan perundang- undangan terkait pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan lebih memperhatikan hak dasar atas kesehatan pasien BPJS Kesehata dengan melakukan koordinasi dengan pihak- pihak terkait..

Kata Kunci : Pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan, Hak atas kesehatan

×
Penulis Utama : Prista Prasiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013320
Tahun : 2017
Judul : Perlindungan Hukum Pasien BPJS Kesehatan dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0013320-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H.
2. Purwono Sungkowo, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.