Penulis Utama : Muna Riswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111008010
Tahun : 2017
Judul : Pola Urutan Fungsi Keterangan Berdasarkan Hubungannya Dengan Predikat Verba Dalam Kalimat Tunggal Positif Deklaratif Bahasa Indonesia (Tinjauan Sintaksis dan Semantik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Ilmu Linguistik-S111008010-2017
Subyek : POLA URUTAN FUNGSI KETERANGAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola urutan beberapa fungsi K yang terdapat dalam kalimat tunggal deklaratif bahasa Indonesia, merinci dan mengklasifikasikan peran semantis K dalam kalimat tunggal deklaratif bahasa Indonesia, mengetahui pola kombinasi K dalam kalimat tunggal deklaratif bahasa Indonesia, menjelaskan ada tidaknya perubahan informasi jika dimodifikasi pola urutannya, danmenjelaskan kedekatan preposisi sebagai penanda K dengan konstituen P dalam kalimat. Selanjutnya jika ada beberapa preposisi  penegas,  bagaimana  keajegan  atau  ketegaran  urutannya  untuk  memperoleh informasi yang dimaksud inti klausa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber tertulis dan sumber lisan. Sumber tertulis berasal dari media cetak koran-koran nasional, sedangkan sumberlisan adalah peneliti sendiri terkait dengan intuisi kebahasaan peneliti. Adapun data penelitian ini adalah kalimat tunggal deklaratif bahasa Indonesia ragam tulis yang mempunyai beberapa fungsi K yang mengikuti P.   Analisis data menggunakan metode padan dan metode distribusi dengan teknik permutasi, teknik lesap, teknik ganti, teknik perluas, dan teknik perluas.
Hasil  analisis  dari  penelitian  ini  adalah  1)  terdapat     10  jenis  pengisi  fungsi Keterangan yang berhubungan dengan predikat verba dalam kalimat tunggal deklaratif yaitu lokatif,   temporal,   metodikal,   instrumental,   agentif,   final/goal,   komitatif,   benefaktif, dankausal, 2) terdapat 9 tipe kombinasi pada penggunaan 2 fungsi keterangan dan 34 tipe kombinasi pada penggunaan 3 fungsi keterangan. 3) modifikasi pola urutan fungsi K dengan beberapa jenis verba yaitu transitif, intransitif dan dwitransitif dapat menyebabkan perubahan informasi    baik menjadi ambigu, informasi yang terputus ataupun tidak jelas. 4) terdapat
preposisi penegas sebagai penanda K yang kuat hubungannya dengan verba lokatif dan verba ix  peralihan tempat seperti preposisi ‘di’ yang menunjukkan lokatif dan   preposisi ‘ke’ yang menunjukkan perpindahan/peralihan tempat.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Sumarlam, M.
2. Prof. Dr. H.D. Edi Subroto
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana