Penulis Utama : Chairul Huda Atma Dirgatama
NIM / NIP : S991508005
×

Dalam era digitalisasi peran media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penyusunan media yang dikembangkan memanfaatkan software Sigil dengan bantuan aplikasi pembaca menggunakan software Supreader.
Tahap pengembangan menggunakan model pengembangan dari Hannafin dan Peck yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Pada tahap uji coba, e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 di uji coba melalui validitas oleh para ahli dan uji coba oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan media e-book kearsipan berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan software IBM SPSS 20 dengan rumus uji t- test, Nilai thitung   yang didapatkan dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,53 dengan nilai ttabel sebesar 2,00 dengan demikian thitung  > ttabel yang berarti peningkatan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan mean post-test sebesar 81,25 sedangkan hasil belajar kelas kontrol menunjukkan mean post-test sebesar 75,94 . Perbedaan mean post-test antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 5,31 poin.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book kearsipan berbasis kurikulum  2013  layak  dan  efektif  digunakan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi (0,014<0>

 

×
Penulis Utama : Chairul Huda Atma Dirgatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508005
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan e-Book Kearsipan Berbasis Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991508005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat
2. Dr. C. Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.