Penulis Utama : Oktaviani Nurul Mubarokah
NIM / NIP : K7113170
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi menggunakan metode Six Thinking Hats pada siswa kelas IV SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Six Thinking Hats dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakkan, ketuntasan siswa pratindakan sebesar 30%. Setelah penggunaan metode Six Thinking Hats pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 75%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80%, dan pada siklus III ketuntasan siswa meningkat menjadi 90%. Selain peningkatan tersebut, aktivitas siswapun juga meningkat, peningkatan aktivitas siswa tersebut dapat dilihat pada aktivitas siswa yang menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat dalam pembelajaran, serta bertambah kreatif dalam berpikir dan menulis.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Six Thinking Hats dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi kelas IV SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata kunci: keterampilan menulis karangan argumentasi, metode Six Thinking Hats

 

×
Penulis Utama : Oktaviani Nurul Mubarokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113170
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Metode Six Thinking Hats Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113170-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Dr. Hartono, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.