Penulis Utama : Egi Derisman Rusmawan
NIM / NIP : K7113067
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang menghasilkan keterampilan menulis puisi yang lebih baik antara model pembelajaran concept sentence dengan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta dengan sampel berjumlah 133 siswa. Sampel terdiri dari 69 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran concept sentence dan 64 siswa sebagai kelompok kontrol diajar menggunakan model pembelajaran explicit instruction. Sedangkan 25 siswa sebagai kelompok uji coba instrumen. Sampel ditentukan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan motode tes. Tes digunakan untuk menilai keterampilan menulis puisi siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas metode Liliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, sedangkan uji keseimbangan dan uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tobs = 2,8823 dengan DK = {t | t < -1,96 atau t > 1,96}, sehingga tobs ? DK, oleh karena itu H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi pada siswa kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan siswa kelompok kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran explicit instruction. Selain itu, pada kelompok eksperimen diketahui rata-rata posttest yang didapat adalah 63,04 lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan rata-rata posttest yang didapat adalah 57,19.
Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran concept sentence menghasilkan keterampilan menulis puisi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran explicit instruction.
Kata kunci: menulis puisi, concept sentence, explicit instruction.

 

×
Penulis Utama : Egi Derisman Rusmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113067
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M. Si.,
2. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.