Penulis Utama : Nia Nur Aini
NIM / NIP : K2513046
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan yang baik mengenai (1) ada tidaknya pengaruh soft skills dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013; (2) ada tidaknya pengaruh prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013; (3) ada tidaknya pengaruh soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS angkatan 2013 yang berjumlah 62 mahasiswa. Ukuran sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan berjumlah 55 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk variabel prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) dan metode angket untuk variabel soft skills dan kesiapan menjadi guru. Uji validitas butir menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas butir dan reliabilitas instrumen menggunakan program SPSS Versi 19. Uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi parsial dan regresi linier ganda. Taraf signifikansi analisis sebesar 5%.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara soft skills dengan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2013 (r hitung = 0,806 > r tabel = 0,2681; p value = 0,000 < 0 xss=removed xss=removed xss=removed> 0,05). Terbukti secara ilmiah bahwa ketika prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) meningkat, maka tidak berpengaruh terhadap kesiapannya untuk menjadi guru. Ketiga, ada hubungan positif dan signifikan antara soft skills dan prestasi kompetensi kejuruan (hard skills) secara bersama-sama dengan kesiapan menjadi guru (f hitung = 48,357 > f tabel = 3,18).
Kata Kunci : soft skills, prestasi kompetensi kejuruan (hard skills), kesiapan menjadi guru

 

×
Penulis Utama : Nia Nur Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513046
Tahun : 2017
Judul : Korelasi Antara Soft Skills Dan Prestasi Kompetensi Kejuruan (Hard Skills) Dengan Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.,
2. Dr. Eng. Nyenyep S.W., S.T, M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.