Penulis Utama : Dessy Putri Ayu Kusumaningtyas
NIM / NIP : F0113029
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat upah pekerja sektor industri di Jawa Tengah tahun 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan cross section yang merupakan data Sakernas dengan 4032 sampel. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Log Linear Berganda. Data yang dianalisis adalah data tentang tingkat upah, pendidikan, jenis kelamin, umur, daerah tempat tinggal, jam kerja dan pengalaman bekerja pekerja sektor industri di Jawa Tengah.
Hasil ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel pendidikan, jenis kelamin, umur, daerah tempat tinggal, jam kerja, dan pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap tingkat upah pekerja sektor industri. Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah. Semakin tinggi pendidikan tenaga kerja semakin tinggi tingkat upahnya. Pengalaman bekerja semakin tinggi pengalaman kerja, semakin tinggi tingkat upah. Jenis kelamin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat upah, dimana pekerja laki- laki memiliki tingkat upah yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Daerah tempat tinggal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah pekerja sektor industri, dimana pekerja yang bertempat tinggal di perkotaan memiliki tingkat upah lebih tinggi dibandingkan di pedesaan. Jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah, artinya semakin tinggi jam kerja, semakin tinggi tingkat upah.

Kata Kunci : tingkat upah, tenaga kerja, sektor industri

×
Penulis Utama : Dessy Putri Ayu Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113029
Tahun : 2017
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Upah Pekerja Sektor Industri di Jawa Tengah Tahun 2015 (Studi Kasus Data Sakernas 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0113029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutomo, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.