Penulis Utama : Eka Assyatun Nafisah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413021
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Media Video untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413021-2017
Subyek : NUMBERED HEADS TOGETHER, VIDEO, KERJASAMA, HASIL BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah  siswa  kelas  XI  IPA  1  SMA  Muhammadiyah  1  Karanganyar  yang berjumlah 39 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat atau lokasi, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggar yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai kerjasama   (minimal   kategori   tinggi)   mengalami   peningkatan   pada   setiap siklusnya, pada tahap prasiklus siswa yang mencapai nilai kerjasama (minimal kategori tinggi) adalah 22 siswa dengan persentase 56,41%. Pada tahap siklus I siswa  yang  mencapai  nilai  kerjasama  (minimal  kategori  tinggi)  meningkat menjadi 27 siswa dengan persentase 69,23%. Kemudian pada   tahap siklus II siswa yang mencapai nilai kerjasama (minimal kategori tinggi) mengalami peningkatan dibandingkan dengan prasiklus dan siklus I, yakni 33 siswa dengan persentase 84,62%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada tahap prasiklus jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 sebanyak 10 siswa dengan persentase 25,64%, kemudian pada tahap siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 berjumlah 21 siswa dengan persentase 53,85?n pada tahap siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 meningkat menjadi 34 siswa dengan persentase 87,18?ri keseluruhan siswa di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media video dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Kata Kunci : Numbered Heads Together, video, kerjasama, hasil belajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Isawati, S.Pd, MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP