Penulis Utama : Esti Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413026
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah pada Program 4 Semester di SMA Negeri 3 Surakarta (Studi Kasus di Kelas X IPS 1 SMA N 3 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413026-2017
Subyek : PEMBELAJARAN SEJARAH, SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan pembelajaran sejarah pada program 4 semester di SMA Negeri 3 Surakarta; (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah pada program 4 semester di SMA Negeri 3 Surakarta; (3) hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah pada program 4 semester di SMA Negeri 3 Surakarta; (4) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah pada program 4 semester di SMA Negeri 3 Surakarta.
Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif.  Data  dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang digunakan guru tidak jauh berbeda dengan perangkat pembelajaran kelas regular. Perbedaan hanya terletak pada alokasi waktu yang disediakan. (2)  Pelaksanaan pembelajaran sejarah pada program 4 semester tidak jauh berbeda dengan program regular. Perbedaan terletak pada strategi pembagian materi yang diberikan pada siswa relatif lebih cepat. (3) Terdapat dua faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di program 4 semester. Pertama faktor internal yaitu perbedaan tingkat konsentrasi siswa pada materi. Kedua, faktor eksternal yaitu alokasi waktu pembelajaran yang diberikan sekolah dituntut lebih cepat. (4) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu dengan menggunakan strategi membagi materi menjadi beberapa bentuk peta  konsep yang dapat dipelajari siswa di rumah serta menggunakan metode-metode pembelajaran untuk menarik konsentrasi siswa.

Kata Kunci : pembelajaran sejarah, Sistem Kredit Semester (SKS)

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
2. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP