Penulis Utama : Abed Algary
NIM / NIP : E0013005
×

ABSTRAK

Penulisan hukum (skripsi) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu kreasi Desain Industri dapat dikatakan memiliki unsur kebaruan, dan urgensi kepastian unsur kebaruan terhadap suatu kreasi desain industri bagi dunia usaha di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dari penelitian ini diperoleh dari Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri dan Kesepakatan Agreement on Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPs) dan data sekunder yang diperoleh atau didapat dari hasil penelitian, buku-buku teks, jurnal ilmiah, dan berita internet.
Berdasarkan penelitian kreasi desain industri yang memenuhi kebaruan dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri ialah desain yang baru dan berbeda secara signifikan dengan desain pembanding (prior art). Beberapa hal yang menjadi tolok ukur suatu kreasi desain industri berbeda dengan desain pembanding yaitu waktu dan kreasi. Waktu ialah kaitannya dengan sistem pendaftaran first to file dan jangka waktu pendaftaran sedangkan kreasi kaitannya dengan tampilan visual desain yang didaftarkan memiliki kesamaan dengan desain pembanding atau tidak. Mengenai urgensi kepastian hukum unsur kebaruan dalam kaitannya dengan daya saing ialah mampu mendorong semakin tingginya minat masyarakat untuk menghasilkan kreasi desain. Dengan meningkatnya kreasi desain, maka muncul produk-produk berkualitas yang mampu mengangkat daya saing bangsa di level internasional.
Kata kunci: Desain Industri, Kebaruan, Kreasi, Daya Saing

 

×
Penulis Utama : Abed Algary
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013005
Tahun : 2017
Judul : Analisis Yuridis Unsur Kebaruan Dalam Memperoleh Hak Desain Industri Berdasar Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, E0013005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi S.H.,M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.