Penulis Utama : Ahmad Satria Ramadhan Betawi
NIM / NIP : K2513074
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas X TMP 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TPM2 SMK Pancasila Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data  dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dilaksanakan dengan cara  deskriptif komparatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai bulan Mei 2017.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa pada prasiklus belum ada target yang tercapai, kemudian setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada  siklus 1 ada 2 indikator yang memenuhi target, dan pada siklus 2 semua indikator memenuhi target. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 33%. Setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ketuntasan siswa meningkat menjadi 63%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta.
Kata Kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, kooperatif tipe Jigsaw.
 

 

×
Penulis Utama : Ahmad Satria Ramadhan Betawi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513074
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasilbelajar Pada Mata Pelajaran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Siswa Kelas X TPM2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tehnik - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS, F. FISIP, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, K2513074 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.,
2. Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi.,M.eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.