Penulis Utama : Yustina Wahyu Cahyaningrum
NIM / NIP : S411508021
×

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, PER, dan EPS secara simultan maupun parsial terhadap perubahan harga saham pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 sampai 2014.
    Dalam penelitian ini variabel independen yang meliputi ROA, ROE, PER, dan EPS diduga berpengaruh terhadap perubahan harga saham pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 sampai 2014. Data penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari ICMD dan IDX serta sumber pendukung yang lain. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Dengan teknik pengambilan sampel yang ditentukan telah diperoleh 22 perusahaan real estate dan property dari 31 perusahaan yang terdaftar di ICMD, dengan jumlah observasi sebanyak 222 perusahaan. Sebelum melakukan uji hipotesis yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik sebagai analisis pendahulu.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen yang terdiri dari ROA, ROE, PER, dan EPS tahun 2005-2014 secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu perubahan harga saham. Adapun secara parsial, variabel ROA, PER, dan EPS berpengaruh signifikan positif, sedangkan variabel ROE berpengaruh signifikan negatif terhadap perubahan harga saham. Hasil uji R square pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel ROA, ROE, PER, dan EPS memiliki pengaruh 10,1% terhadap perubahan harga saham.

Kata Kunci : ROA, ROE, PER, EPS, perubahan harga saham

×
Penulis Utama : Yustina Wahyu Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411508021
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Aktivitas terhadap Perubahan Harga Saham (Sektor Real Estate dan Property pada Bursa Efek Indonesia Periode 2005–2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Manajemen-S411508021-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bandi, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.