Penulis Utama : Hanif Fikriyah
NIM / NIP : F0113043
×

Abstrak

Pembahasan tentang keterkaitan antara indeks divisia moneter dan M1 dengan variabel Produk Domestik Bruto, nilai tukar, dan Indeks Harga Konsumen merupakaan hal yang penting bagi pengambil kebijakan ekonomi serta masyarakat dalam perekonomian terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jangka pendek dan jangka panjang antara M1 dan indeks divisia moneter atau DM1 terhadap variabel Produk Domestik Bruto, nilai tukar dan Indeks Harga Konsumen pada tahun 1991-2015 dengan kriteria data kuartalan.
Penelitian ini menggunakan metode Vector Error Correction Models (VECM), dilengkapi dengan Impulse Response Function (IRF) yang merupakan properti dari model VECM. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) dari tahun 1991-2015 yang diperolah dari data Bank Indonesia.
Hasil dari analisis Johansen Cointegration Test menunjukkan bahwa terdapat hubungan jangka panjang antara masing-masing variabel yaitu M1 maupun DM1 terhadap variabel PDB, nilai tukar dan IHK. Hasil Error Correction Term (ECT) memperlihatkan bahwa terdapat hubungan jangka pendek antara variabel M1 dan DM1 terhadap nilai tukar dan DM1 terhadap IHK. Dari hasil Impulse Response Function (IRF) ditemukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh besar terhadap M1 adalah varaibel PDB dan nilai tukar. Sedangkan variabel yang meimilki pengaruh besar terhadap DM1 adalah IHK.

Kata Kunci : Indeks Divisia Moneter, Uang Beredar, Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter, VECM

×
Penulis Utama : Hanif Fikriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113043
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Indeks Divisia Jumlah Uang Beredar dalam Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia Tahun 1991-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi dan Pembangunan-F0113043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lukman Hakim, S.E.,M.Si.,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.