Penulis Utama : Tri Wulandari
NIM / NIP : C1012045
×

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang: (1) bagaimanakah struktur teks drama ‘Ala> Aswa>r Dimasyq karya ‘Al? Achmad Bakatsir, (2) bagaimanakah kondisi kejiwaan tokoh utama dalam teks drama ‘Ala Aswar Dimasyq karya ‘Al? Achmad Bakatsir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur teks drama ‘Ala Aswar Dimasyq karya ‘Al? Achmad Bakatsir dengan menggunakan teori struktural ‘Abdul-Ba>sith ‘Abdur-Raza>q Badr, (2) mendeskripsikan kondisi kejiwaan tokoh utama dalam teks drama ‘Ala> Aswa>r Dimasyq karya ‘Al? Achmad Ba>katsi>r dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud yang telah ditambahkan dengan pandangan psikologi agama Jalaluddin.

Berdasarkan analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: pertama, struktur teks dalam drama ‘Ala> Aswa>r Dimasyq karya ‘Ali> Achmad Ba>katsi>r saling berkaitan satu dengan lainnya sehingga tercipta rangkaian cerita yang indah dan menarik perhatian pembaca. Kedua, kondisi kejiwaan para tokoh utamanya, yaitu kondisi kejiwaan Abu> Bakar ash-Shiddiq, ‘Umar bin al-Khatta>b, Abu> ‘Ubaidah, dan Kha>lid bin Wali>d, semuanya mempunyai kondisi kejiwaan yang baik karena ego-ideal (salah satu subsistem dari superego) berperan secara dominan di dalam diri mereka.

Kata Kunci : Drama ‘Ala Aswar Dimasyq, Kondisi Kejiwaan, Tokoh Utama, Ego-ideal, Superego.

×
Penulis Utama : Tri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1012045
Tahun : 2017
Judul : Kondisi Kejiwaan Tokoh Utama dalam Teks Drama Ala Aswar Dimasyq Karya Ali Achmad Bakatsir (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C1012045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D.
2. Afnan Arummi, S.H.I., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.