Penulis Utama : Alifta Lutfiaazahra
NIM / NIP : S991502002
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)  mengetahui  nilai  sosial  budaya pengrajin batik di Surakarta; (2) mengetahui dilema moral ekonomi pengrajin batik di Surakarta; (3) mengetahui peran Pendidikan Luar Sekolah dalam mentransformasi moral ekonomi pengrajin batik; (4) mengetahui model transformasi moral ekonomi pengrajin batik di Surakarta.

Bentuk   penelitian   ini   adalah   penelitian   kualitatif,   dengan   strategi penelitian studi kasus tunggal. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probabilitas sampling dengan purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui model triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan menggunakan bahan referensi yang mendukung data yang terkumpul. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Tahap analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dilema moral ekonomi pengrajin batik di Surakarta. Dilema moral ekonomi tersebut diantaranya: pemasaran yang masif dari pengrajin batik yang besar, sehingga mengalahkan pengrajin batik yang kecil, penentuan harga yang lebih murah dengan produk yang sama, dari pada pengrajin batik yang lain, belum adanya kesadaran menerapkan hak cipta untuk desain batik yang telah dibuat, dan tidak memperhatikan alat keselamatan kerja.

Pendidikan Luar Sekolah dengan spesifikasi pendidikan non formal yang berupa pelatihan-pelatihan terhadap pengrajin batik hanya berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi pengrajin batik, yaitu hanya memajukan kegiatan produksi dan distribusi batik. Pendidikan Luar Sekolah belum berpengaruh terhadap penerapan nilai dan norma kepada pengrajin batik. Nilai dan norma yang belum sepenuhnya diterapkan,  bisa  mengakibatkan  terjadinya  ketidaksesuaian  dengan  nilai  dan norma di masyarakat yang berupa pencemaran lingkungan karena limbah batik. Berdasarkan   hal   tersebut,   sebaiknya   pendidikan   luar   sekolah   memberikan pelatihan mengenai green economy (ekonomi  hijau), sebagai konsep  ekonomi yang menghasilkan keadilan sosial, dan dapat mengurangi risiko lingkungan juga kelangkaan sumber daya ekologis.

 

×
Penulis Utama : Alifta Lutfiaazahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991502002
Tahun : 2017
Judul : Model Transformasi Moral Ekonomi Pengrajin Batik Di Surakarta Melalui Pendidikan Luar Sekolah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991502010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M. S
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.