Penulis Utama : Ahmad Ichsan Yunanto
NIM / NIP : H0711006
×

Abstrak

Konsumsi karbohidrat di Indonesia masih didominasi oleh beras. Kebutuhan beras di Indonesia semakin meningkat, sehingga perlu adanya alternatif bahan pangan lain untuk subtitusi beras. Tanaman garut dapat dimanfaatkan umbinya untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Penelitian ini memanfaatkan pupuk kalium dan seresah daun jati. Pupuk kalium memiliki peran sebagai penyusun jaringan tanaman, sehingga dapat membantu pembentukan umbi garut dan pembentukan pati umbi garut. Tanaman garut banyak ditemukan secara liar tumbuh di bawah tegakan pohon jati. Daun jati diduga mengandung senyawa alellopati, sehingga perlu dieketahui apakah seresah daun jati dapat menurunkan atau meningkatkan hasil tanaman garut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk kalium dan pengaruh seresah daun jati terhadap hasil tanaman tersebut. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret-September 2016 di Lahan Pertanian UNS Jumantono menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 percobaan terpisah yaitu pemberian pupuk KCl dan pemberian seresah daun jati kering. Perlakuan pupuk KCl yang diberikan pada tanaman garut adalah K0(0 g/tan), K1(2,4 g/tan), K2(4,8 g/tan), K3(7,2 g/tan), dan K4(9,6 g/tan). Perlakuan seresah daun jati yang diberikan pada tanaman garut adalah A0(0 g/tan), A1(20 g/tan), A2(40 g/tan), A3(60 g/tan), dan A4(80 g/tan). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, rasio akar tajuk, jumlah umbi per tanaman, berat umbi per tanaman, dan ukuran umbi per tanaman. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis ragam (Anova) dengan uji signifikansi 5% dan apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (DMRT) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk KCl 4,8 g/tan cenderung meningkatkan hasil tanaman garut. Pemberian seresah daun jati 80 g/tan cenderung meningkatkan jumlah dan berat umbi tanaman garut.

×
Penulis Utama : Ahmad Ichsan Yunanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0711006
Tahun : 2017
Judul : Pemberian Pupuk Kalium dan Seresah Daun Jati Terhadap Hasil Garut (Marantha arundinacea)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agroteknologi-H0711006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Supriyono, M.S.
2. Ir. Sri Nyoto, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.