Penulis Utama : Arsy Tiara Insani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414005
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Batik Grobogan Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus Di Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, C9414005-2017
Subyek : PENGEMBANGAN, DAYA TARIK WISATA, BATIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui potensi, eksistensi, dan kendala yang menyangkut tentang batik Grobogan yang pembuatannya berpusat di Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Desa Pulorejo ini terdapat sentra pembuatan Batik Grobogan yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus berbasis kerajinan batik. Lewat perhatian lebih lagi dari pihak Pemerintah Daerah dan Dinas Pariwisata Kabupaten Grobogan diharapkan dapat direalisasikannya sebagai tempat kearifan lokal yang dapat meningkatkan sektor perekonomian penduduk setempat dan pemasukan ekonomi yang ada di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.
Tugas Akhir ini menggunakan metode kualitatif yang berupa teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan teknik untuk menganalisis data adalah analisis diskriprif. Metode tersebut memudahkan untuk mengidentifikasi potensi, eksistensi dan kendala desa sentra batik Grobogan yang ada di Kabupaten Grobogan ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Pulorejo layak dijadikan sebagai destinasi wisata berupa desa wisata atau kampung batiknya Grobogan. Mengingat lokasinya yang sangat strategis, masyarakat yang ramah dan segala bentuk akomodasi yang mudah ditemukan. Namun hanya saja, masih ada pula beberapa hal yang harus dibenahi seperti jalanan yang masih sempit dan masih belum banyak tersedia fasilitas umum.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu potensi dari Desa Pulorejo sangat bagus, karena hal tersebut tidak hanya dapat memuliakan masyarakatnya saja, tetapi juga berdampak baik untuk pariwisata kabupaten grobogan. Berdampak juga untuk batik grobogan itu sendiri, yaitu bisa ikut melestarikannya lewat pengembangan wisata minat khusus yang berbasis batik Grobogan. Adapun kendala yang dialami yaitu masih terfokusnya Pemkab di bidang Pertanian. Belum dijadikannya raperda mengenai Pariwisata menjadi perda tetap. Hal tersebut menghambat proses pembangunan yang ada di sektor pariwisata Kabupaten Grobogan.
Kata Kunci : Pengembangan, Daya Tarik Wisata, Batik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ARY TIARA I.pdf
COVER.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi.,M.Hum.
2. Dra. Isnaini WW.,M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya