Penulis Utama : Avis Diaz Sandy
NIM / NIP : C9414008
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang latar belakang sejarah terciptanya tari Kretek di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, manajemen pertunjukan tari kretek, upaya untuk menjadikan tari Kretek sebagai daya tarik wisata budaya di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan Metode wawancara dengan pencipta tari kretek dan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disbudpar Kabupaten Kudus untuk memperoleh data, metode studi pustaka untuk mendapatkan buku dari perpustakaan daerah, report, dan arsip kantor Disbudpar Kabupaten Kudus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Kretek cukup berpotensi sebagai atraksi wisata budaya di Kabupaten Kudus. Untuk mengetahui bagaimana manajemen pertunjukan tari Kretek dari mulai kostum, gerak hingga musik yang digunakan. Menentukan upaya agar menjadikan tari Kretek menjadi daya tarik wisata budaya di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu membahas tentang bagaimana proses terciptanya tari kretek. Tari ini dibuat untuk dijadikan sebagai identitas kabupaten Kudus sebagai kota kretek. Sebanyak 13 gerakan dalam tari kretek yang menceritak proses pembuatan rokok, dari mulai pemilihan tembakau hingga penjualan ke konsumen. Adanya dukungan dari masyarakat sangat membantu pemerintah kabupaten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus dalam usahanya menjadikan tari kretek sebagai daya tarik wisata budaya di Kabupaten Kudus.
Kata kunci: Tari Kretek, Wisata Budaya, Upaya, Manajemen

 

×
Penulis Utama : Avis Diaz Sandy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414008
Tahun : 2017
Judul : Daya Tarik Tari Kretek Dalam Pengembangan Wisata Budaya Di Kabupaten Kudus
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, C9414008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum.,
2. Deria Adi Wijaya, S.ST, M.Sc.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.