Penulis Utama : Dewi Kurniawati
NIM / NIP : F3414021
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah penagihan aktif pajak pada wajib pajak. Wajib pajak yang dimaksud adalah klien Kantor Konsultan Pajak SUHARTO dan REKAN. Selain itu memahami penyelesaian atas permasalahan penagihan aktif pajak tersebut. Serta untuk mengetahui peran Kantor Konsultan Pajak dalam pendampingan wajib pajak yang menghadapi penagihan aktif.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai peran Kantor Konsultan Pajak SUHARTO dan REKAN dalam memberikan pelayanan jasa konsultasi. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder.
Berdasarkan penelitian diharapkan penyelesaian masalah terutama dalam penyelesaian masalah penagihan aktif yang dihadapi oleh klien adalah dari Surat Teguran sampai Surat Perintah Melakukan Penyitaan. Permasalahan muncul karena wajib pajak kurang memahami peraturan perpajakan yang berlaku dan tidak memahami pajak yang terkait dengan kegiatan usaha. Peran Konsultan Pajak dalam pendampingan penyelesaian penagihan aktif bagi wajib pajak orang pribadi sangat membantu klien dalam penyelesaian pembayaran pajak terutangnya dan membuat klien bersedia untuk taat pajak.
Penelitian memberikan saran yang dapat disampaikan bahwa Kantor Konsultan Pajak SUHARTO dan REKAN perlu memberikan penjelasan dan pengarahan terhadap wajib pajak sebagai klien mengenai kewajiban pajak terkait dengan usahanya dan membantu wajib pajak untuk taat pajak baik dalam pembayaran maupun pelaporan, serta bagi Kantor Konsultan Pajak SUHARTO dan REKAN untuk membuat kontrak kerjasama dengan klien dan meningkatkan pelayanan prima dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak terhadap wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.
Kata kunci : Kantor Konsultan Pajak SUHARTO dan Rekan, Penagihan Aktif, Wajib Pajak Orang Pribadi

 

×
Penulis Utama : Dewi Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3414021
Tahun : 2017
Judul : Peran Konsultan Pajak Dalam Pendampingan Penyelesaian Penagihan Aktif Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Diploma III Perpajakan, F3414021 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E., M.M., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.