Penulis Utama : Erisa Chintiadevi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413020
Tahun : 2017
Judul : Pengelolaan Astana Giribangun Sebagai Wisata Ziarah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, C9413020-2017
Subyek : PENGELOLAAN WISATA, ASTANA GIRIBANGUN, WISATA ZIARAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang pengelolaan wisata Astana Giribangun sebagai wisata ziarah. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan Astana Giribangun, potensi destinasi wisata ziarah Astana Giribangun serta aktifitas ritual peziarah Astana Giribangun.
Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung Astana Giribangun, wawancara dengan pihak kepengurusan dengan juru kunci Astana Giribangun, serta studi dokumen arsip kepariwisataan Kabupaten Karanganyar. Studi pustaka dengan teori yang terdapat pada buku-buku di perpustakaan Universitas Sebelas Maret dan lab Tour D III UPW.
Data yang sudah terkumpul tersebut kemudian di analisis dengan metode 4A, yaitu aktifitas, amenitas, aksebilitas dan anseleri. Dari analisis akan diketahui bagaimana pengelolaan wisata Astana Giribangun, potensi Astana Giribangun sebagai destinasi wisata ziarah, ritual aktifitas wisata ziarah di Astana Giribangun dan juga mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Astana Giribangun.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengelolaan Astana Giribangun masih perlu dikordinasikan antar pihak keluarga yayasan dengan Pemkab Karanganyar, potensi destinasi wisata ziarah di Astana Giribangun adalah Soeharto Mantan Presiden di era Orde barulah yang bersemayam di Astana Giribangun sehingga destinasi wisata ziarah ramai kunjungan, Tidak sedikit jumlah peziarah yang datang untuk melakukan berbagai macam aktifitas ziarah di Astana Giribangun adapun aktifitasnya bagi umat Islam adalah nyekar(tabur bunga), mengadakan sholawatan, tahlil dan surat yasin, dan bagi Agama selain Islam hanya nyekar dan mendoakan menurut keyakinan masing-masing. Tidak ada perlakuan menyimpang yang dilakukan peziarah yang datang ke Astana Giribangun.
Kata kunci: Pengelolaan wisata, Astana Giribangun, Wisata Ziarah

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ERISA CHINTIADEVI.pdf
COVER.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Widjayanto, S.ST,M.M Par
2. Drs. Sri Agus M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya